Gunung Meletus

Gunung api ialah gunung yang didalamnya terdapat magma yang masih aktif. Magma adalah cairan yang sangat panas dengan suhu antara 900o C sampai dengan 1400o C yang berada di dalam perut  bumi.

Magma yang keluar dari perut bumi disebut lava. Sewaktu-waktu magma dari dapur magma keluar dari perut bumi melalui kawah gunung api. Pada saat keluar, magma bertumbukan dengan batu-batuan di dinding gunung disertai dengan tekanan gas dari dalam bumi. Tekanan gas itu akan menimbulkan letusan gunung api. Letusan gunung api di bedakan berdasarkan kekuatannya. Yaitu letusan lemah, kuat dan campuran.

  1. Letusan lemah terjadi karena tekanan gas dari dalam bumi agak lemah tidak menimbulkan kerusakan pada puncak gunung. Magma yang keluar mengalir menuruni lereng-lereng gunung.
  2. Letusan gunung api yang kuat disertai ledakan sangat besar karena tekanan gas dari dalam bumi yang sangat  tinggi. Pada saat meletus, gunung api mengeluarkan bermacam-macam material, antara lain batu, kerikil, pasir dan debu. Material  ini bisa terlempar jauh. Namun, dalam letusan kuat tidak terdapat aliran lava.
  3. Letusan campuran merupakan campuran antara letusan lemah dan letusan kuat. Kekuatan letusannya berada di antara lemah dan kuat. Bahan-bahan yang dikeluarkan  pada saat meletus  adalah lava dan debu-debu vulkanis.

Ada pula gunung api yang pada saat meletus mengeluarkan lahar. Lahar adalah sejenis lumpur dari puncak gunung api yang menuruni lereng. Ada dua jenis lahar, yaitu lahar panas dan lahar dingin. Lahar panas terjadi apabila dipuncak gunung api ada kawah yang berisi lava panas, kemuidian meluap dan menuruni lereng gunung. Lahar dingin terjadi apabila ada endapan di kawah atau di sekitar gunung yang bercampur dengan air hujan dan berubah menjadi lumpur. Lumpur dingin yang mengalir menuruni gunung itu disebut lahar dingin.

Gunung api yang meletus dapat menimbulkan kerugian atau kerusakan. Hal  ini disebabkan letusannya dapat menelan korban jiwa dan menyebabkan  kerusakan rumah dan fasilitas yan lain. Kerugian yang disebabkan gunung meletus, antara lain:

  1. aliran lava panas;
  2. letusan gunung yang  menyebabkan gempa bumi vulkanik;
  3. aliran lahar panas atu dingin;
  4. abu yang dikeluarkan akibat letusan;
  5. gas beracun;

Selain  kerugian, letusan gunung berapi dapat membawa beberapa keuntungan. Keuntungan  akibat letusan gunung berapi antara lain sebagai berikut:

  1. Debu vulkanis yang dikeluarkan gunung api mengandung unsur-unsur yang diperlukan tanaman sehingga sehingga tanah di sekitar gunung api sangat subur.
  2. Lahar yang mengalir dari puncak gunung api  mengandung pasir dan batu kerikil. Pasir dan batu kerikil merupakan bahan untuk membuat bangunan sehingga menjadi sumber penghasilan bagi penduduk sekitarnya.
  3. Di sekitar gunung api terdapat sumber air panas yang mengandung belerang. Disamping itu, pemandangan di gunung  tersebut indah. Dengan demikian, gunung api bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Tanda-tanda gunung api akan meletus ialah terjadi gempa, suhu udara  sekitar gunung naik, dan terjadi semburan lahar panas. Suhu udara yang meningkat  mengakibatkan banyak binatang yang lari ke daerah yang lebih rendah. Biasanya masyarakat disekitar gunung api sudah dapat menangkap gejala-gejala alam itu secara dini.

Di setiap gunung api dibangun pos pengamatan gunung api. Pos ini dijaga oleh petugas yang bertugas untuk mengamati aktivitas gunung tersebut. Jika aktivitasnya meningkat, pos pengamatan  akan melaporkan pada pemerintah setempat untuk disebarluaskan kepada masyarakat sekitar agar waspada dan bersiap-siap mengungsi  jika memang cukup membahayakan. Pos pengamatan gunung api melaporkan keadaan gunung api itu dalam empat tingkatan isyarat sebagai berikut:

Status Artinya
Awas Gunung api segera meletus, sedang meletus, atau dalam keadaan kritis yang menimbulkan bencana. Letusan berpeluang terjadi dalam 24 jam
Siaga Gunung api sedang bergerak ke arah letusan atau menimbulkan bencana. Aktivitasnya dapat berlanjut kearah letusan.
Waspada Ada aktivitas gunung api dalam berbagai bentuk dan di atas tingkat normal
Normal Tidak ada gejala aktivitas magma

Kejadian  gunung api meletus yang pernah ada di Indonesia antara lain sebagai berikut :

  1. Gunung Tambora di  Nusa Tenggara Barat pada tahun 1815
  2. Gunung  Krakatau di  Jawa Barat pada tahun 1883
  3. Gunung Batur di  Bali pada tahun1917 dan 1926
  4. Gunung Rokatenda di Nusa Tenggara Timur pada tahun 1964
  5. Gunung  Lewotobi di Nusa Tenggara Timur pada tahun 1971
  6. Gunung Merapi di Jawa Tengah dan DIY pada tahun 1930, 1994,dan  2006

Gunung  Talang di Sumatera Barat pada tahun 2005

Categories: Ilmu Pengetahuan | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “Gunung Meletus

  1. Ara

    Nuhun.. atuh , Numpang nanya’, Alat yang biasanya dipakai Petugas Keamanan Di sekitar Gunung Api itu apa atuh?

    • maaf ya… tapi yg saya tau itu cume pendeteksi gunung berapi tu seismograf… terima kasih sudah mampir diblog saya… ^_^

  2. Novi novia

    Apa keuntUngam dan kerugian pda sa’at trjadinya gunung api meletus dan stelah gunung api meletUs

    • st trjadiny gunung mletuz,keuntungan : menambah keimanan .. Kerugian : rusak smua dskitar gunung.. Stelah trjdi gunung mletuz. Keuntungan : tanah jdi subur. Kerugian : hm,,krugian pa y., y appun it smua bncna ad hkmahnya.. ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Informasi Herbal

Kumpulan Tanaman Obat di Indonesia

Ilmu Statistik & Analisis Data

Media Berbagi Pengetahuan & Pengalaman Statistik

GO ORGANIC

Just another WordPress.com weblog

Taufik Akbar Bakri

Don't Worry Be Happy | "Dan Allah bersamamu di manapun kamu berada"

Sendy Ralistiya

Mimpi dalam Dunia Maya

%d blogger menyukai ini: