Pengalaman Pribadi sebagai Mahasiswa Universitas Wiraraja

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Akhir-akhir ini seringkali terjadi tawuran antarmahasiswa baik itu antar-universitas maupun antar-mahasiswa dalam kampus itu sendiri. Hal ini sangat disayangkan mengingat mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional.
Partisipasi menurut Koentjaraningrat partisipasi dapat diartikan sebagai berikut : Partisipasi dalam kegiatan bersama dalam proyek-proyek pembangunan yang khusus, dan partisipasi sebagai individu di luar kegiatan bersama dalam pembangunan. Menurut PBB adalah menciptakan kesempatan yang memungkinkan masyarakat secara aktif mempengaruhi dan memberi kontribusi pada proses pembangunan dan berbagi hasil-hasil pembangunan secara adil (United Nations, 1981, dalam, 1986:24).
Dalam resolusi “ the United Nations Economic and Social Council” tahun 1979, yang mengatakan bahwa dalam parrtisipasi diperlukan sifat kesukarelaan dan keterlibatan secara demokrasi di dalam pembangunan, yaitu dalam usaha, menikmati pembuatan keputusan, penyusunan kebijakan/ perencanaan serta penerapan program (Midgley dkk, 1986:25). Dalam PP 69/1996, pengertian Peranserta Masyarakat adalah berbagai kegiatan masyarakat yang timbul atas kehendak dan keinginan sendiri di tengah masyarakat, untuk berminat dan bergerak dalam penyelenggaraan penataan ruang.
Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut seharusnya untuk menjadi mahasiswa harus dapat mengetahui peranannya masing-masing sebagai wujud partisipasi dalam pembangunan nasional. Oleh sebab itu penulis mengangkat topik tentang pengalaman pribadi dalam mewujudkan partisipasi sebagai mahasiswa Universitas Wiraraja agar dapat mengetahui sejauh mana penulis telah ikut berperan dan berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan khususnya untuk kemajuan almamater Universitas Wiraraja.

1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah untuk menyusun karya makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Apa saja yang dilakukan penulis sebagai Mahasiswa Universitas Wiraraja Sumenep?
2. Apa saja organisasi yang digeluti penulis dan apa saja pencapaian penulis dalam organisasi tersebut?
3. Apa saja yang menjadi hambatan dan tantangan penulis sebagai mahasiswa?
4. Apa keinginan terbesar penulis sebagai mahasiswa terhadap Universitas Wiraraja?

1.3 Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk memberikan gambaran mengenai wujud partisipasi penulis sebagai Mahasiswa Universitas Wiraraja.
2. Untuk memberikan gambaran mengenai keikutsertaan penulis dalam organisasi dan pencapaiannya.
3. Untuk memberikan gambaran mengenai hambatan dan tantangan penulis sebagai Mahasiswa Universitas Wiraraja Sumenep.
4. Untuk memberikan gambaran mengenai keinginan penulis sebagai Mahasiswa Universitas Wiraraja terhadap kampus tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sebagai Mahasiswa Universitas Wiraraja
Penulis merupakan Mahasiswa Fakultas Pertanian Jurusan Agribisnis Universitas Wiraraja. Hal pertama yang penulis lakukan sebagai mahasiswa adalah datang tepat waktu dan selalu mengikuti perkuliahan. Penulis mencoba berperan aktif sebagai mahasiswa dengan mengikuti beberapa kegiatan fakultas. Misalnya: sebagai anggota Panitia MUSMA, anggota Panitia OSPEK, anggota Panitia Diesnatalis, dan lain-lain.
Selain itu penulis juga berusaha untuk mendapatkan nilai yang baik selama perkuliahan. Hal ini dibuktikan dengan nilai IP yang selalu di atas 3,5. Penulis selalu optimis bahwa walaupun ia hanya kuliah di Universitas Wiraraja, kampus yang selalu diremehkan orang lain, ia mampu menjaga nama baik almamater tersebut. Ia memiliki motto sebagai motivasinya yaitu “rumah kita berdiri bukan oleh pilarnya, tapi oleh kaki kita”.

2.2 Berperan dalam Organisasi
Organisasi yang diikuti penulis adalah sebagai berikut:
1. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
Penulis sebagai anggota Departemen Pendidikan di BEM memang tidak begitu berperan. Karena penulis sendiri tidak diijinkan mengikuti organisasi tersebut. Namun penulis berusaha untuk ikut aktif, misalnya dalam mengadakan kegiatan seminar kuliah umum, seminar pendidikan, studi banding ke Universitas Muhammadiyah Malang, dan lain-lain.

2. PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
Sebagai anggota PKM, penulis selalu menyumbangkan ide-idenya untuk dituangkan dalam program kreatifitas mahasiswa tersebut dengan menyusun proposal ajuan. Dan Alhamdulillah proposal ajuan PKM Faperta selalu menjadi dominan proposal yang lolos dikti. Walaupun belum sampai PIMNAS, setidaknya penulis dan kawan-kawan selalu ikut dalam MONEV di Surabaya tingkat Provinsi. Dan diharapkan tahun ini akan memperoleh tiket PIMNAS. Aamiin.
3. Teater “Tanian” Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
Sebagai anggota Teater Tanian, penulis juga tidak canggung untuk menjadi peran utama dalam lakon teater. Penulis dan anggota lainnya selalu ikut dalam perlombaan teater untuk membawa nama almamater. Walaupun tidak menjadi pemenang, setidaknya penulis dan kawan-kawan berusaha untuk menjaga nama baik almamater.
4. Madink “Papier de LandBouw” Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
Sebagai ketua di mading tersebut, penulis dan kawan-kawan selalu berusaha untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa melalui coretan-coretan karya di mading. Dengan langkah tersebut penulis menginginkan adanya transparansi antarmahasiswa faperta sehingga tidak ada gap yang membedakan.

2.3 Hambatan dan Tantangan sebagai Mahasiswa
Banyak hal yang menjadi hambatan penulis sebagai mahasiswa. Diantaranya adalah kesulitan membagi waktu antara organisasi dan perkuliahan. Seringkali penulis terlambat mengikuti perkuliahan bahkan bolos untuk menyelesaikan tugas organisasi. Namun hal itu diimbangi penulis dengan bertanggung jawab menyelesaikan tugas-tugas dan tetap belajar sehingga tidak pernah tertinggal materi perkuliahan.
Tantangannya adalah berusaha untuk menjadi mahasiswa yang berguna bagi kampusnya selama kuliah dan menjaga nama baik almamater begitu menjadi alumni serta mengamalkan pengetahuan dan pendidikan yang diterima selama menjadi siswa dan mahasiswa dengan mengabdikan diri pada masyarakat.

2.4 Harapan terhadap Almamater
Penulis ingin sekali menjadi kebanggaan kampus ini. Namun penulis juga tidak akan menutup diri bahwa ada orang lain yang lebih unggul daripada penulis. Karena bagaimana pun juga ia turut membawa nama baik kampus ini. Penulis juga berharap agar seluruh mahasiswa mempunyai rasa memiliki terhadap kampus ini sehingga turut menjaga dan tidak lagi bermusuhan baik itu dalam fakultas maupun antarfakultas. Bukan hanya mahasiswa tapi juga sesama warga kampus, baik itu staff, dosen-dosen, rektor, dan lain-lain.
Harapan terbesar penulis sebagai Mahasiswa Universitas Wiraraja terhadap kampus tersebut adalah cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud dan berdirinya kampus tersebut sebagai Perguruan Tinggi Negeri agar Sumenep punya kebanggaan dan keunggulan sehingga pelajar-pelajar Sumenep tidak usah berjauh-jauh ke luar kota untuk kuliah.
Bagi penulis, kampus ini bagaikan kepompong saat ulat bermetamorfosis menjadi kupu-kupu. Semoga Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat berjalan sebagaimana mestinya.


BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Penulis merupakan Mahasiswa Fakultas Pertanian Jurusan Agribisnis Universitas Wiraraja. Penulis mencoba berperan aktif sebagai mahasiswa dengan mengikuti beberapa kegiatan fakultas. Selain itu penulis juga berusaha untuk mendapatkan nilai yang baik selama perkuliahan. Ia memiliki motto sebagai motivasinya yaitu “rumah kita berdiri bukan oleh pilarnya, tapi oleh kaki kita”.
Organisasi yang diikuti penulis adalah sebagai berikut:
1. BEM Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
2. PKM Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
3. Teater “Tanian” Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
4. Madink “Papier de LandBouw” Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
Banyak hal yang menjadi hambatan penulis sebagai mahasiswa. Diantaranya adalah kesulitan membagi waktu antara organisasi dan perkuliahan. Namun hal itu diimbangi penulis dengan bertanggung jawab menyelesaikan tugas-tugas dan tetap belajar sehingga tidak pernah tertinggal materi perkuliahan. Tantangannya adalah berusaha untuk menjadi mahasiswa yang berguna bagi kampusnya selama kuliah dan menjaga nama baik almamater begitu menjadi alumni serta mengamalkan pengetahuan dan pendidikan yang diterima selama menjadi siswa dan mahasiswa dengan mengabdikan diri pada masyarakat.
Harapan terbesar penulis sebagai Mahasiswa Universitas Wiraraja terhadap kampus tersebut adalah cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud dan berdirinya kampus tersebut sebagai Perguruan Tinggi Negeri agar Sumenep punya kebanggaan dan keunggulan sehingga pelajar-pelajar Sumenep tidak usah berjauh-jauh ke luar kota untuk kuliah.

3.2 Saran
Untuk menjadi mahasiswa dibutuhkan rasa nasionalisme yang tinggi dan kepercayaan diri yang tangguh serta hati yang tulus untuk menjadi pribadi yang baik. Dan sebagai mahasiswa, kita tidak berdiri sendiri melainkan bersama orang lain untuk bekerja sama dan ikut berpartisipasi menjaga nama baik almamater.

Categories: Kampus Cemara Udang | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Informasi Herbal

Kumpulan Tanaman Obat di Indonesia

Ilmu Statistik & Analisis Data

Media Berbagi Pengetahuan & Pengalaman Statistik

GO ORGANIC

Just another WordPress.com weblog

Taufik Akbar Bakri

Don't Worry Be Happy | "Dan Allah bersamamu di manapun kamu berada"

Sendy Ralistiya

Mimpi dalam Dunia Maya

%d blogger menyukai ini: